DINGINNN ???????


HEI HO GAIS !!!!!
Apa kabar dengan hari mu ini ?
Bay de wey saat ini saya ingin meluruskan beberapa fakta-fakta tentang " air dingin ". Maka dari situ saya rangkum dan saya luruskan juga.



Banyak sekali orang-orang yang berpikir seperti ini
Air dingin bikin kembung
Air dingin sehat loh. Sehabis olahraga
Air dingin bikin gemuk 



Ok saya bahas yang pertama " air dingin bikin kembung "
Menurut artikel yang saya baca di DetikHealth.
"Minum air dingin memang benar dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Hal ini disebabkan karena air dingin susah diserap oleh usus," jelas dr. Michael Triangto, SpKO, seorang dokter kesehatan olahraga.
" mengapa sulit sekali diserap oleh usus ? "
Dr Michael mengatakan bahwa minuman dingin apapun jenisnya susah diserap oleh usus manusia. Karena tidak terserap dengan baik maka menyebabkan perut membesar dan terasa penuh. Ketika perut terasa penuh dan kembung maka selanjutnya orang akan jadi malas minum atau menambah cairan dalam tubuh. Sedangkan air dingin belum terserap sepenuhnya di dalam usus.
Nah gais ternyata air dingin itu sulit diserap saking sulitnya air tersebut menumpuk dan bikin perut kembung. Saya berpikirnya gitu sih hehehe.
Selanjut adalah yang ke dua " minum air dingin setelah berolahraga "
Bahasan ini juga sama dari Dr Michael. Yang menjelaskan
" Seperti pada saat setelah berolahraga. Terkadang setelah berolahraga ataupun melakukan aktivitas berat di luar ruangan tubuh akan mengalami kepanasan sehingga banyak orang memilih untuk mengatasinya dengan air dingin. "
" Mengonsumsi air dingin tentu akan menghilangkan haus, tetapi hal ini kurang tepat. Terhambatnya proses penyerapan di dalam usus akan menghambat pemenuhan cairan di dalam darah."
Nah makadari dr Michael menyarankan lebih baik mengonsumsi minuman yang sejuk. Apa sih minuman sejuk ??
"Minuman sejuk, yaitu dengan suhu antara 4 sampai 12 derajat celcius lebih cepat diserap usus,"
Selain menyarankan minumam sejuk dr Michael juga menyarankan untuk mengonsumsi minuman isotonik ketika mengalami dehidrasi. Hal ini disebabkan karena minuman isotonik memiliki kandungan elektrolit yang dibutuhkan tubuh ketika mengalami kekurangan cairan. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dijamin produktivitas serta kesehatan juga terjaga.
Selanjutnya yang ketiga " minum air dingin itu bikin gemuk ? "
Hei babe khususnya cewek jangan takut minum air dingin langsung naik 5kg. Ok. Jangan takut.
Gini ni gais menurut artikel yang saya baca. Kata dr. Johanes Chandrawindata, MND, SpGK,
" minum air es setelah makan dapat membuat Anda menjadi gemuk. Tentu saja hal ini tidak benar, karena pada dasarnya kegemukan terjadi karena makanan yang dikonsumsi, bukan jadwal makannya. "
* pas udah baca sujud syukur*eh*
Bukan bearti kita minum air dingin selalu. Keseringan juga ada batas sucinya (?).
Lalu kepingin banget minum es. Gimana dong. Serba salah ~~~~~
Ini dia ada beberapa tips minum air es
1. Awas Tersedak. Disarankan sehabis olahraga, minum air dingin (dengan suhu tertentu) lakukan sedikit demi sedikit. Air dingin yang diminum sekaligus akan membuat kita tersedak. Bila kemudian berasa pusing, hentikan minum air dingin dan sebaiknya ganti dengan minum air hangat. Biasanya air dingin akan cepat diserap tubuh dibandingkan dengan air hangat atau yang sesuai suhu kamar.
2. Wanita hamil boleh minum air dingin . Wanita hamil boleh minum air dingin, namun disarankan jangan terlalu sering. Air dingin akan membuat tubuh lebih banyak membakar kalori atau lemak untuk meningkatkan suhu sewaktu memproses air dingin. Akibatnya tubuh akan cepat lelah karena jumlah kalori akan terserap.
3. Air Dingin Mineral. Disarankan mengonsumsi air mineral daripada air yang dimasak sendiri. Kandungan air mineral akan baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Air didinginkan dalam suhu kamar.
4. Konsumsi Air Dingin. Untuk metabolisme yang seimbang, konsumsilah air dingin dengan suhu sekitar 15 derajat celcius. Atau air yang diberi 2-3 batuan/kubikal es, bukan air yang berasal dari freezer .
minum air es juga harus perhatikan tipsnya ni gais, dan juga jangan pernah konsumsi air es setelah olahraga/ berkeringat, saat sedang sakit atau keluhan lainnya.


Nah untuk terakhirnya. Ingin meminum air dingin atau engga nya. Kuserah itu pada diri kalian masing-masing. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan maaf juga jika ada kesalahan. ≥﹏≤

Komentar