La Cuesta Encantada


“ this is what god would have built if he had the money “

Itu yang dikatakan oleh William Randolph Hearst ketika meninggal.  Agak gimana juga yah dengernya. Tapi tetep ajah kenikmatan rumah yang dia buat ga bisa lama. Sad.

Sebelumnya udah lama banget ga nulis disini. Feel like “ im tired of all “  hahaha. Waktunya itu yang susah.

Kali ini gua bawa apa ya, info bisa kali ya. Yaitu Hearst Castle yang berada San Simeon, California. Karena castle ini wow banget gua cukup takjub banget sama interiornya. Omg.


History.
Semua berawal dari ayahnya William, yaitu George Hearst yang membeli 400.000 hektar lahan di San Siemon. Lahan ini dibeli olehnya dari hasil pertambangan sendiri. Niat awal George dan istri serta anaknya yaitu William. Lahan yang berada di San Siemon ini hanya untuk tempat retret berkemah sajah.
(*retret : khalwat dengan memisahkan diri dari dunia ramai untuk mencari ketenangan batin)

Dengan berjalannya waktu, umur ibu dari William, Phoebe Apperson Hearst, tidak lama.
Ia meninggal pada tahun 1919. Kematian dari ibunya, William mewarisi lahan ini.
Dengan hasil kerja ia ditambah dengan warisan dari kedua orang tuanya.
Lahan nya pun semakin bertambah besar. Lahan warisan ini, oleh William dijadikan sebagai
bungalow kecil pada awalnya sih. Tapi dia mengingat masa lalu Bersama ibunya.
Yang pada akhirnya dia ingin meng renovasi rumah tersebut. Akhirnya dia mengirim surat kepada
arsitek yang cukup ternama yang bernama Julia morgan.
William mengirim surat seperti ini

"Miss Morgan, we are tired of camping out in the open at the ranch in San Simeon and
I would like to build a little something," Hearst initially wrote to Morgan.
 

Oke sebelumnya arsitek berusia 47 tahun ini Julia Morgan, yang merupakan wanita pertama yang menerima sertifikasi dalam arsitektur dari L'École des Beaux-Arts di Paris dan arsitek wanita berlisensi pertama di California. Uh keren banget. William bener-bener pengen ninggalin kesan masa lalunya ya disini.
Akhirnya Julia dan William ini bertemu membicarakan gaya eksteriornya apa yang akan diambil. Yang pada hasilnya berencana membuat castle yang disebut "La Cuesta Encantada" atau Bukit Enchanted.


Kalo gasalah sih tema castle ini udah banyak banget di gonta-ganti. Mulai dari tema asia lebih ke jepang/korea, diubah lagi ke arsitektur colonial meksiko, Ronda di Spanyol, dll. Tapi pada akhirnya dia mengganti eksterior lagi untuk menghargai tradisi California.

Walau ornamen hearst castle ini dipinjam dari tema eropa yang bersejarah yang dimana strukturnya beton bertulang baja. Dan ubin yang dipakaipun bukan sembarang ubin. Ubin yang dipakai dari perusahaan seperti solon & schemel, grueby faience company, dan California faience.

Heart castle memiliki 56 kamar tidur, 61 kamar mandi, 19 ruang duduk, taman, kolam renang indoor dan outdoor, lapangan tenis, bioskop, lapangan terbang, dan kebun binatang pribadi.
Pada kejayaanya tahun 1920-1930. Undangan untuk kesini itu sangat didambakan oleh orang elit. Ada beberapa tamu yang pernah datang kesini. Di antaranya Charlie Chaplin, Cary Grant, Marx Brothers, Charles Lindbergh, Greta Garbo, Joan Crawford,Clark Gable, James stewart, Bob Hope, Calvin Coolidge, Franklin Roosevelt, Dolores del Rio, dan Winston Churchill.

Hearst castle ga sembarang kalo ada yang ingin meminjam tempat, rata-rata ditolak. Tapi ada beberapa yyang mendapatkan izin seperti Spartacus Stanley Kubrick, yang menggunakan untuk sebagai vila, MV lady gaga “G.U.Y”

Selama pembuatan castle ini terlalu banyak di ubah-ubah berulang kali jadi beresnya tuh lama, terus kebun binatang yang dimilikinnya di jual karena hampir mengalami penurunan kecuali zebra kalo gasalah ga dia jual.
Tapi pada akhirnya castle ini dijadikan sebagai, national historic landmark dan California historical landmark. Tapi ga kasih sepenuhnya, ada syaratnya dimana sewaktu keluarga hearst pengen istirahat disini diperbolehkan. Castle ini dibuka untuk umum pada tahun 1958.

Mari kita lihat-lihat apa aja sih isinya
( kamar mandi )
( kamarnya seperti ini hm, udah kek nginep di kamar zeus )

( kerannya ajah antik )














( ini kolam renang loh btw.... )















( nah ini pemandangan hearst castle dari atas )

untuk info lebih lengkapnya kalian bisa cek di wikipedia, karena ini hanyalah risngkasan ku yang super absurd. Jika ada kesalahan, saya ucapkan maaf dan terima kasih udah datang ke blog ku.







Komentar